Menambah Situs / Property Website di Google Webmaster -->

Menambah Situs / Property Website di Google Webmaster

Advertisement



Advertisement

Google webmaster merupakan suatu situs yang dibuat oleh google yang sangat berguna sekali dalam peninjauan website kita seperti kita dapat melihat halaman yang error yang bisa menurunkan peringkat kita di serp google,melihat keyword apa saja yang banyak di klik pada situs kita dan masih banyak lagi fitur yang bisa anda andalkan di google webmaster ini .

Fitur apa saja yang ada di google webmaster

Dari sini kita akan mengenalkan beberapa fitur dari google webmaster yang mungkin akan memudahkan anda dalam mengoperasikanya untuk situs kita. Berikut penjelasan fitur - fitur tersebut :

Structured data : pada fitur ini kita dapat melihat struktur data html pada situs kita, apakah ada error apa tidak pada sturktur html-nya.

Data highlighter :  Untuk menandai tag apa saja yang ada pada situs anda, pada fitur ini saya masih belum paham dan belum pernah mencobanya .

HTML Imporevements : Untuk mengecek apakah ada duplicat meta data pada situs kita sehingga kita bisa memperbaikinya .

Sitelinks : Untuk mendemokan beberapa situs kita pada mesin pencari google ketika user mengetik situs kita dan agar kelihatan situs tersebut elegan .

Search analytics : Fitur ini berguna sekali untuk melihat keyword yang sering di klik pengunjung dan hal ini tentu akan memudahkan kita juga untuk targeting keyword selanjutnya .

Links to your site : Kita bisa melihat backlink apa saja yang nyasar ke situs kita.

Internal links : Untuk melihat link internal yang ada pada situs kita .

Internatioanl terageting : Untuk menset target negara mana situs kita akan di terbitkan jika kita memilih Indonesia maka google akan menampilkan pada area target Indonesia saja.

Index status : Untuk mengecek total halaman situs kita yang telah terindex google .

Crawl errors : Melihat apakah ada di beberapa halaman situs kita terdapat error baik itu 404 notfound maupun 500 response kode .

Crawl stats : Untuk melihat seberapa berat googlebot mengcrawl situs anda .

Fetch as Google : Berfungsi untuk mengirimkan situs kita ke googlebot dan googlebot akan mengcrawl situs yang dikirimkan tersebut. Memang hampir sama seperti pengiriman pada sitemap .

Robots.txt Tester : Untuk mensetting robots.txt .

Sitemap : Berguna untuk mengirimkan sitemap ke googlebot .

Url parameters : Untuk mensetting url parameters pada situs yang berfungsi untuk mengatakan pada googlebot bahwa parameter tersebut boleh di index ataupun tidak .

Setelah kita telah membahas fitur apa saja yang ada di google webmaster, kita akan membahas mengenai topik selanjutnya yaitu :

Cara menambahkan situs di Google webmaster

Hal pertama pastinya anda sudah login dengan akun gmail, jika belum silahkan anda daftar dahulu .
Kunjungi halaman Google Webmaster .


Pilih Add a Property untuk menambahkan situs, inputkan alamat situs anda yang ingin ditambahkan . Setelah itu klik Continue .

Kita akan disuruh konfirmasi lewat meta tag atau upload file html, lebih simplenya silahkan memakai yang meta tag lebih gampang tepatnya pada Alternate methods dan pilih yang HTML Tags .
Ambil kode meta tag tersebut dan paste di situs anda, tepatanya diatas kode </head> .

verifikasi situs google webmaster


Kemudian Simpan .
Kembali lagi ke halaman verifikasi sebelumnya dan klik VERIFY .

Untuk Blogspot kita tidak usah dipusingkan dengan verifikasi seperti yang dilakukan diatas, dikarenakan pada blogspot langsung otomatis terdaftar setelah kita menambahkan situs pada google webmaster .

Setelah berhasil mendaftarkan situs kita, saatnya menambahkan sitemap untuk mendatangkan googlebot ke situs . Baca : Cara submit sitemap atau peta situs ke google webmaster tools .

Itulah sedikit pembahas tentang cara menambahkan situs pada google webmaster dan kita akan mendapatkan fitur google webmaster yang dapat membantu meningkatkan pengunjung di mesin pencari google .
Advertisement


Advertisement
LihatTutupKomentar