Terbukti, Cara Optimasi Kinerja Windows 7 dan Windows 8 Tanpa Software -->

Terbukti, Cara Optimasi Kinerja Windows 7 dan Windows 8 Tanpa Software

Advertisement



Advertisement


Untuk mengoptimalkan kinerja CPU, Memory, Disk bisa menggunakan software ProcessExplorer, bisa and baca di : Kenali / Matikan proses yang mengganggu dengan software ProcessExplorer.

      Untuk memaksimalkan kinerja windows agar terasa cepat dan ringan kita harus mengoptimasinya, Apa itu optimasi ? sebuah langkah dimana proses kerja dari suatu sistem atau sistem operasi dapat kita manipulasi baik itu dalam setting atau mengganti suatu komponen dan sehingga kinerjanya menjadi cepat dan sesuai dengan keinginan kita .

Banyak sekali cara untuk mengoptimasi windows, baik itu melalui software atau semacamnya. Tetapi, tidak dengan postingan yang akan saya bagikan ini. Kita tidak menggunakan software apapun dan kita hanya mengganti sedikit konfigurasi pada windows, serta dari hal tersebut bisa mengoptimalkan penggunaan operasi sitem windows anda .

Pengoptimasian windows memang sangat diperlukan dikarenakan kita pastinya tidak ingin sistem operasi kita Not Responding atau Error reporting dan semacamnya, melainkan yang kita perlukan adalah sistem operasi yang cepat dan tanpa gejala lag serta bisa bisa memaksimalkan penggunaan .

Apa jadinya jika kita bekerja di kantoran / sistem informasi / IT development dan pada saat kita membuka salah satu program atau software tiba - tiba lag  ? sistem tidak merespon ? kesal, pastinya meraba diri kita . Maka diperlukan pengoptimalan kinerja sistem operasi tersebut .

Pengoptimasiaan bisa digunakan untuk semua versi PC / Komputer .
Dari hal - hal tersebut, bisa kita atasi dengan mudah dengan cara optimasi windows berikut :

Menonaktifkan animasi yang tidak perlu

Pada hal pertama ini sering kita tidak mengetahuinya bahwa menggunakan animasi seperti ini juga dapat membuat kinerja PC / Komputer kita jadi lemot, sebaiknya matikan animasi yang tidak diperlukan .

Caranya : Masuk Windows Explorer ( WIN + E ) lalu klik kanan pada My Computer / This PC .

Masuk my computer / this PC
My computer / This PC
Lalu pilih Advance system setting -> Performance -> Setting, Visual Effects dan centang animasi yang tidak di perlukan, pengaturan seperti gambar ini :

Setting visual effect
Setting visual effect

Mengubah gambar menjadi solid color

Pergi ke tampilan desktop, klik kanan dan pilih Personalize lalu klik pada Desktop Background.
Pada Picture Location pilih Solid Color dan pilih warna kesukaan anda .
Gambar pada desktop juga mempengerauhi proses kinerja windows anda, sehingga perlunya kita mengubah background gambar menjadi solid color .

mengubah desktop background
Desktop background

Kurangi aplikasi / uninstall software aplikasi yang tidak diperlukan

Hal ini juga dapat menambah kinerja windows menjadi ringan dikarenakan ada dua tipe software yang kadang bisa menamkan pada startup dan terkadang juga ada yang bersifat portable serta pastikan software tersebut memang benar - benar terkenal atau juga bisa scan software yang akan diinstall dengan antivirus  :
Download Malwarbyte 2.0.4.1028 Setup + Serial Key .
Update Smadav Terbaru di tahun sekarang .

Untuk menghapus program atau aplikasi windows: Masuk Control Panel -> Program & Features, lalu pilih salah satu software yang ingin dihapus .

Kurangi aplikasi yang menjalankan lewat Startup

Hal tersebut efektif dalam mengoptimalkan kinerja windows dan jika kita mendisable beberapa program startup juga dapat meringankan windows dalam booting . Untuk itu, pilihlah program aplikasi apa saja yang ingin ditempatkan pada start up .

Cara disable program pada  startup :
Untuk windows 8 & 7 :
1. Buka task manager, klik kanan pada sidebar atau jalankan lewat Run Task ( WIN + R ) -> ketikkan taskmgr dan ENTER .
2. Pilih Startup .
3. Disable aplikasi yang diperlukan .

task manager
task manager

Berhubung sekarang banyak pekerjaan yang harus diselesaikan,  maka akan disambung lagi ke tutorial optimasi selanjutnya, versi yang kedua .

Itulah beberapa cara yang mungkin bisa dapat membantu dalam meningkatkan kecepatan atau performa windows anda dan sesuai apa yang anda inginkan .

Bagikan artikel ini jika bermanfaat .
Advertisement


Advertisement
LihatTutupKomentar