Mengatasi Pengaturan Jam / Waktu Windows yang Bermasalah -->

Mengatasi Pengaturan Jam / Waktu Windows yang Bermasalah

Advertisement



Advertisement

Waktu memang sangat berperan penting dalam kehidupan kita, sebagai pengingat akan ada suatu kegiatan dan tidak hanya itu saja, Waktu berperan sekali dalam kehidupan kita. Waktu bisa mendorong manusia untuk berfikir, melakukan aktifitas atau kegiatan .

Jika kita sia - siakan waktu, maka kita akan merasakan kejamnya hasil dari waktu yang kita sia - siakan dan akibatnya adalah rasa penyesalan dan masalah .

Sekarang, kita akan membahas waktu pada sistem operasi Windows.

Memang, kita biasanya melihat waktu / jam berapa pada saat kita tidak memegang suatu alat telekomunikasi dan apa jadinya jika waktu pada windows tidak melakukan perubahan atau mereset kembali menjadi 00:00 ketika restart windows ? apa yang sedang terjadi ? .

Saya memang pernah mengalami kejadian tersebut, Waktu pada windows saya tiba - tiba mereset ke 00:00 dan kalau tidak hanya menampilkan waktu pada saat ketika windows shutdown . Untuk itu, saya mulai mencari penyebab dari kejadian tersebut dan akhirnya saya temukan .

Apa penyebab dari kejadian tersebut ? Bagaimana cara mengatasinya ?

Kejadian Waktu di Windows tidak berubah sama sekali dikarenakan Baterai BIOS yang mati dan perlu dibelikan baterai BIOS,

Apa kegunaan Baterai BIOS ?

Bagian / komponen pada PC / Laptop / Komputer yang fungsinya adalah menyimpan waktu dan pengaturan BIOS ( yang saya ketahui ) .

Berapa harga perkiraan baterai BIOS ? Paling tidak adalah sekitaran 10rb - 20rb, untuk kawasan indonesia dan untuk kawasan negaralainya saya tidak mengetahui .

Setelah saya mengetahui akan penyebab waktu windows tidak berubah, apakah perlu membeli baterai BIOSnya ?

Untuk yang mempunyai uang, ya silahkan .
Untuk yang irit uang, bisa coba tutorial berikut untuk mengatasi windows time yang error tersebut :

1. Buka pengaturan waktu pada Windows ( terletak pada sebelah kanan bawah ). Hampir sama seperti cara Mengganti jam dan tanggal di windows 7 & 8 .

2.  Pilih change date and time settings .

Mengganti Jam dan Tanggal di Windows


3. Pilih internet time, lalu Change Setting .

Mengubah Pengaturan Waktu yang Bermasalah pada Windows


4. Setting server ke 0.id.pool.ntp.org .

Sinkronisasi Jam pada Windows

Lalu simpan,

Jangan lupa aktifkan Windows Time pada services ke automatic, agar pada saat windows kita shutdown atau restart nanti akan mensinkronisasi ke server waktu tadi .

Caranya,
Tekan WIN + R , ketikkan services.msc dan enter .
Lalu, cari Windows time dan aktifkan serta ubah start up type ke automatic .

Tentunya ini hanya untuk para hoby aktif di internet yang bisa menggunakanya, dikarenakan pada saat konek ke internet pertama kali, maka windows akan mensikronisasikan waktu ke waktu yang asli sesuai daerah kita . 

Tidak melakukan sinkronisasi waktu dengan internet berulang kali, akan tetapi hanya satu kali sinkronisasi pada saat PC / Laptop dinyalakan .

Semoga tutorial di atas dapat mudah dipahami dan dapat meringankan anda untuk membeli baterai BIOS baru serta bagikan tutorial ini jika bermanfaat .

Advertisement


Advertisement
LihatTutupKomentar