Dimanakah sarang virus Komputer sebenarnya ? -->

Dimanakah sarang virus Komputer sebenarnya ?

Advertisement



Advertisement

Sangat menganggu sekali jika sebuah virus yang sudah berhasil dituntaskan tiba - tiba kembali lagi mereka menyerang windows kita dan kejadian tersebut sangatlah menyebalkan,

Bagaimana tidak ? mereka kerap sekali melakukan injek kepada file yang berformat EXE dan menanam ke daerah start up windows kita .

      Mungkin kita pernah mengenal salah satu virus yang kerap sekali muncul di telinga dan pendengaran kita. Apa nama dari virus tersebut ?, Ya, sebut saja Ramnit .

     Kita sering menyepelekan virus tersebut, kita bilang virus tersebut tidak berbahaya dan ternyata virus tersebut bisa mengupdate dirinya menjadi Gen tipe yang sangat berbahaya pada kesehatan Windows anda, semakin tinggi mereka akan seperti tidak terkontrol dan akan menyebabkan Windows mengalami Crash atau data - data terpenting anda bisa dimanipulasi / diganti .

Untuk flashdisk agar kebal virus, baca :  Flashdisk ingin kebal terhadap virus, ini caranya ! . Tetapi terkadang ada sebuah virus yang dapat menginjeksi walaupun dikasih folder autorun.inf protect  .

Perhatian !
Bagi yang terserang virus ramnit type ShortCut ( Copy Of ShortCut ), silahkan cari proses di task manager dengan nama wscript.exe, lalu End Task . Lalu coba ikuti langkah berikut :

Dimanakah letak berbagai virus berada ?

Tergantung juga jenis dan tipe virus tersebut, untuk normalnya seperti contoh diatas yang sudah diterangkan, mereka mengandalkan startup ( baik melalui REGEDIT dan Startup File ), dimana letaknya ?

Sangatlah mudah anda mengenalinya .

Berikut tempat - tempat virus tersebut menanam shellnya :

Melalui regedit

Caranya, buka regedit.exe / Control WIN + R -> regedit -> Enter .

Masuk,

 HKEY_CURRENT_USER\Software\Windows\Microsoft\CurrentVersion\Run
 HKEY_CURRENT_USER\Software\Windows\Microsoft\CurrentVersion\RunOnce
 HKEY_LOCAL_MACHINE\Software\Windows\Microsoft\CurrentVersion\Run
 HKEY_LOCAL_MACHINE\Software\Windows\Microsoft\CurrentVersion\RunOnce

Lihat pada bagian listnya, apa ada yang berformat aneh seperti VBS / CPL / EXE yang seharusnya tidak muncul untuk pertama kali startup ?



Jikalau ada, silahkan hapus listing tersebut .
Sebagai contoh : Saya menemukan sebuah startup regedit yang mempunyai format vbs / vbs, maka segeralah hapus listing tersebut .

Dan juga,

Virus ada di dalam folder start up

Dimana letaknya ?

C:\Users\AppData\Roaming\Microsoft\Windows\Start Menu\Programs\Startup

C:\ProgramData\Microsoft\Windows\Start Menu\Programs\StartUp

Jika ada sebuah file seperti VBS / VBE, silahkan hapus .

Melihat aplikasi start up windows

Windows 8, silahkan baca : Melihat Aplikasi Startup Di Windows 8 Dan 7 .
Windows 7, Tekan tombol WIN + R -> ketikkan MSCONFIG -> Enter -> pilih tab Startup .

Jika virus masih ada, silahkan coba scan dengan smadav dari Indonesia ini : http://hafid-it.blogspot.co.id/2015/02/update-smadav-terbaru-di-tahun-sekarang.html .

Itulah beberapa tutorial singkat yang mungkin bisa anda terapkan pada virus yang sudah tertanam di PC, Laptop, Komputer yang bersistem operasi Windows .
Advertisement


Advertisement
LihatTutupKomentar